PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN ANAK

  • Freliyanti Sarimin

Abstract

Dengan pertumbuhan iman anak kepada Tuhan merupakan dambaan setiap orang tua dalam kehidupannya. Untuk mencapai iman yang demikian banyak usaha yang ditempuh setiap orang untuk membentuk dan membangun imannya.

Dari pembahasan yang telah dilakukan diketahui bahwa dalam pembinaan dan tentukan kepribadian yang beriman melalui Pendidikan Agama Kristen, guru memegang peranan penting. Peranan guru di sini adalah mengajarkan teori tentang nilai-nilai yang harus diterapkan siswa untuk memiliki kepribadian yang beriman kepada Yesus.

Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa siswi SMAN 8 Sigi kecamatan Biromaru,kabupaten Sigi diketahui bahwa memang guru Agama Kristen di sana telah berperan aktif dalam membina dan membangun kepribadian yang bertumbuh dalam iman di dalam kehidupan siswa-siswinya. Mereka mampu memiliki sikap dan kepribadian yang demikian karena disamping mengajarkan teori tentang nilai-nilai Kristiani Pendidikan Agama Kristen guru juga memberi contoh dan teladan dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pemberian contoh dan teladan ini dilakukan guru agama Kristen melalui sikap dan kepribadiannya dan kehidupan sehari-hari yang selalu disesuaikan dengan nilai-nilai kristiani yang diajarkan kepada siswanya.

Peran guru Pendidikan Agama Kristen sangatlah penting dalam membentuk kepribadian anak untuk mewujudkan siswa-siswi yang saleh. Dalam amsal 22:6 Salomo berkata “Didiklah orang muda yang menurut jalan yang patut baginya,  maka pada masa tua pun ia tidak menyimpang dari pada jalan itu”.

Dari hasil penelitian dan pengelolahan data, kesimpulan yang  diberikan adalah peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam pertumbuhan iman untuk mewujudkan anak patuh di SMAN 8 Sigi kecamatan Biromaru,kabupaten Sigi.

 

 

Published
2020-08-07
Section
Articles