Pengaruh Pendidikan Agama Kristen terhadap Pertumbuhan Iman Anak
DOI:
https://doi.org/10.56175/salvation.v1i2.13Keywords:
Pengaruh, Pendidikan Agama KristenAbstract
Dengan pertumbuhan iman anak kepada Tuhan merupakan dambaan setiap orang tua
dalam kehidupannya. Untuk mencapai iman yang demikian banyak usaha yang ditempuh setiap
orang untuk membentuk dan membangun imannya.
Dari pembahasan yang telah dilakukan diketahui bahwa dalam pembinaan dan tentukan
kepribadian yang beriman melalui Pendidikan Agama Kristen, guru memegang peranan
penting. Peranan guru di sini adalah mengajarkan teori tentang nilai-nilai yang harus diterapkan
siswa untuk memiliki kepribadian yang beriman kepada Yesus.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa siswi SMAN 8 Sigi kecamatan
Biromaru,kabupaten Sigi diketahui bahwa memang guru Agama Kristen di sana telah berperan
aktif dalam membina dan membangun kepribadian yang bertumbuh dalam iman di dalam
kehidupan siswa-siswinya. Mereka mampu memiliki sikap dan kepribadian yang demikian
karena disamping mengajarkan teori tentang nilai-nilai Kristiani Pendidikan Agama Kristen
guru juga memberi contoh dan teladan dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan
sehari-hari. Pemberian contoh dan teladan ini dilakukan guru agama Kristen melalui sikap dan
kepribadiannya dan kehidupan sehari-hari yang selalu disesuaikan dengan nilai-nilai kristiani
yang diajarkan kepada siswanya.
Peran guru Pendidikan Agama Kristen sangatlah penting dalam membentuk
kepribadian anak untuk mewujudkan siswa-siswi yang saleh. Dalam amsal 22:6 Salomo
berkata “Didiklah orang muda yang menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tua
pun ia tidak menyimpang dari pada jalan itu”.
Dari hasil penelitian dan pengelolahan data, kesimpulan yang diberikan adalah peran
guru Pendidikan Agama Kristen dalam pertumbuhan iman untuk mewujudkan anak patuh di
SMAN 8 Sigi kecamatan Biromaru,kabupaten Sigi.
Downloads
References
Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006), 38.
Boehlke, Robert. 1997. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktik PAK, dari
Yohannes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia. Jakarta : BPK Gunung
Mulia.
Brownlee, Marcom. Tugas manusia dalam Dunia milik Tuhan. Jakarta : BPK Gunung
Mulia.
Berkhof, Louis, Dasar Pendidikan Kristen, Surabaya: Momentum, 2004.
Daniel Nuhamara, Pembimbing Pendidikan Agama Kristen, (Bandung : Jurnal Info
Media, 2009), 31.
GP, Harianto. Teologi PAK, Surabaya: STT Bethany Surabaya, 2014
GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa
Kini, Yogyakarta: ANDI, 2012
Hadiwijono, H. 1979. Iman Kristen. Jakarta : BPK GM
Harianto, GP. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan
Masa Kini. Yogyakarta : ANDI
Heath, Standley W. 2010. Teologi pendidikan anak dasar pelayanan kepada
anak. Bandung : yayasan kalam hidup
Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010
Kristianto, Paulus Lilik. 2007. Prinsip dan Praktik PAK. Yogyakarta : ANDI
Lumban Tobing, Darwin Dr. 2013. Isu-isu Teologi hangat dan terkini di HKBP.
P.Siantar : L SAPA
Lilik, Paulus. Prinsip Dan Praktik PAK, Yogyakarta: ANDI, 2006
Nely, Diktat Mata Kuliah PAK Anak, Makale, STTK, 2016
O.E.Ch.Wuwuwngan, Pemahaman Alkitab dan Warga Gereja, Jakarta:Pustaka Sinar
Harapan, 1997
Robert R. Boehlke, Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek PAK dari Plato
sampai Ig. Loyola, Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1994
Richards Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-Anak, Bandung: Kalam Hidup, 2007
Sidjabat,B.S. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Kalam Hidup, 2011
Simanjuntak,Junihot. Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen,Yogyakarta: ANDI,
Simamora, Dame Taruli. 2011. PAK Kepada Remaja dan Pemuda. Medan : MITRA
Ward, ted. 1979. Nilai Hidup Dimulai dari Keluarga. Malang : Gandum Mas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Salvation

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.