Paralelisme Hikmat dengan Pendidikan Kristen dalam Amsal 3:1-4

Authors

  • Jefrie Walean STT BK PALU

DOI:

https://doi.org/10.56175/salvation.v2i1.30

Keywords:

Pararelisme, Pendidikan Kristen, Hikmat

Abstract

Abstract: Christian education is a two-sided coin to build a life that has knowledge, understanding, and application of Christian values. Points about knowledge, understanding, and application become a reference in Christian education. The message in the book of Proverbs gives an understanding of wise behavior, truth, justice, honesty. This study aims to narrate the concept of wisdom in human life so that it can function as a guide for life. This research uses literature study and processed qualitatively descriptively to get a theoretical understanding. This study concludes that education and wisdom are integral parts in formulating the theoretical basis for Christian religious teaching. The principles of life taught in the text of Proverbs 3:1-4 are useful for guiding so as to form human characters who are physically and mentally healthy. Thus, wisdom becomes the primary basis for shaping one's behavior in that wisdom and Christian religious teaching becomes the primary basis for shaping one's behavior cognitively, affectively, psychomotorically.

 

Abstrak: Pendidikan kristen merupakan dua sisi mata uang untuk membangun hidup yang memiliki pengetahuan, pemahaman, dan penerapan nilai-nilai kristiani. Point tentang pengetahuan, pemahaman, dan penerapan menjadi acuan dalam pendidikan Kristen.  Pesan dalam  kitab Amsal memberi  pengertian mengenai perilaku yang bijak, kebenaran, keadilan, kejujuran. Penelitian ini bertujuan menarasikan konsep hikmat dalam kehidupan manusia sehingga dapat berfungsi sebagai penuntun kehidupan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dan diolah secara kualitatif deskriptif untuk mendapatkan pemahamanan teoritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan dan hikmat merupakan bagian integral dalam menyusun landasan teori pengajaran agama Kristen. Asas-asas kehidupan yang diajarkan dalam teks Amsal 3:1-4 bermanfaat untuk membimbing sehingga membentuk karakter manusia yang sehat jasmani dan sehat rohani. Dengan demikian bahwa hikmat menjadi landasan primer  untuk membentuk perilaku seseorang dalam bahwa hikmat dan pendidikan Kristen menjadi landasan primer  untuk membentuk perilaku seseorang secara kognitif, afektif, psikomotorik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harls Evan Rianto Siahaan, Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani Refleksi 1 Raja-Raja 3:1-15, Dunamis, Vol. 1, No. 1, Oktober (2016)

Andreas Sese Sunarko, Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pengajar Bagi Pendidikan Kristen Yang Efektif Di Masa Kini, Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2019

Musa Tarigan, Kebenaran Allah Sebagai Dasar Pendidikan Kristen, Journal Of Holistic Mathematics Education Vol 3, No 1 Dec (2019)

Musa S. Tarigan, Kebenaran Allah Sebagai Dasar Pendidikan Kristen, Journal Of Holistic Mathematics Education Vol 3, No 1 Dec (2019)

Marde Christian Stenly Mawikere, Fondasi Pendidikan Kristen; Suatu Pengantar Dalam Perspektif Injili, Robert W. Pazmino, Jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Bandung Dan Bpk Gunung Mulia, Cetakan Ke 1, (2020)

Andreas Sese Sunarko, Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pengajar Bagi Pendidikan Kristen Yang Efektif Di Masa Kini, Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

John Naisbitt & Patricia Aburdene, Megatrend 2000 (Jakarta: Binarupa Aksara, 1990)

Alden, Robert , Tafsiran Praktis Kitab Amsal, (Malang: Literatus Saat, 2018)

Poppy Elia, Pendidikan Karakter Di Dalam Kitab Amsal, Jurnal Efata Vol. 4 No. 1, September (2018)

Roy Charly H.P. Sipahutar, Penciptaan Dalam Sastra Hikmat Perjanjian Lama Serta Implikasinya Bagi Pemeliharaan Alam, Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, Vol. 3, No. 2, Des. (2020)

Hardi Budiyana, Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal ,Jurnal Teologi Berita Hidup, Volume 1 Nomor 1, (2018)

Barr, James. Alkitab Di Dunia Modern. (Jakarta: Bpk Gunung Mulia, 1983)

Selvy Iriany Susanti Dupe, Konsep Diri Remaja Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Zaman, Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (Jireh) Vol. 2, No. 1, (Juni 2020): 53-69,

Andreas Sese Sunarko, Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pengajar Bagi Pendidikan Kristen Yang Efektif Di Masa Kini, Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 118

Justice Zeni Zari Panggabean, Pendekatan Praksis-Teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani, Kurios (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), Vol.4, No.2, Oktober (2018)

Justice Zeni Zari Panggabean, Pendekatan Praksis-Teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani, Kurios (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), Vol.4, No.2, Oktober 2018

Poppy Mary, Obrolan Hikmat, (Jakarta: BPK Gunung Mulia 2011) 19

Ayang Emiyat, Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen, Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat Volume 2, Nomor 2, Juli (2018)

KBBI

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Walean, J. (2021). Paralelisme Hikmat dengan Pendidikan Kristen dalam Amsal 3:1-4. Jurnal Salvation, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.56175/salvation.v2i1.30

Issue

Section

Articles