Pengaruh Program Mentoring terhadap Pembentukan Karakter Tunas Remaja

Authors

  • Rejoice Leny Simatupang Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta
  • Yonatan Alex Arifianto Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.56175/salvation.v3i1.52

Keywords:

Program Mentoring, Karakter, Tunas Remaja

Abstract

Abstract:
Currently, pre-teens or juvenile shoots in facing their development both physically, emotionally, and spiritually should be guided, supported and also fostered so that they do not take wrong steps in passing the developmental stages of their lives. The mentoring program is an option that can be used as a means to minimize the character and actions of youth shoots that do not reflect the character of the Lord Jesus. This study aims to determine how much influence it has, and also to find out the results of the mentoring program in shaping character, so this research focuses on the implementation of the Christian Religious Education mentoring program held at the Voice of the Bible Church. With the intention that in the end this mentoring program is expected to form early adolescents with character. This study uses quantitative methods with research subjects consisting of mentors, mentors, and mentoring participants. The result of this program is that there is an influence of the mentoring program on juvenile shoots so that teenage buds get a change in character, namely discipline, honesty, independence, tolerance, responsibility, good morals, a sense of wanting to help, a sense of wanting to help, a sense of caring for others, a sense of caring for the environment, a sense of belonging. want to help, be polite, and also respect others through character building through a mentoring program at the Voice of the Truth Gospel Church in Artha Gading Mall Rehobot by 64.3%.

Abstrak:
Saat ini yang pra-remaja atau tunas remaja dalam menghadapi perkembangannya baik dari segi fisik, emosional, dan spiritual seharusnya dibimbing, didukung dan juga dibina agar tidak salah langkah dalam melewati tahap perkembangan kehidupannya. Program mentoring menjadi pilihan yang dapat dijadikan sebagai sarana dalam meminimalisir karakter dan tindakan-tindakan tunas remaja yang tidak mencerminkan karakter Tuhan Yesus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya, dan juga mengetahui hasil program mentoring dalam membentuk karakter, sehingga penelitian ini berfokus pada pelaksanaan program mentoring Pendidikan Agama Kristen yang diadakan di Gereja Suara Kebenaran Injil. Dengan maksud pada akhirnya program mentoring ini diharapkan dapat membentuk remaja awal yang berkarakter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian terdiri atas pembina mentoring, mentor, dan peserta mentoring. Hasil dari program ini adalah ada pengaruh program mentoring terhadap tunas remaja sehingga tunas remaja mendapatkan perubahan karakter yaitu disiplin, jujur, mandiri, toleransi, bertanggung jawab, bermoral baik, rasa ingin menolong, rasa ingin membantu, rasa peduli sesama, rasa peduli lingkungan, rasa ingin menolong, sopan, dan juga menghargai orang lain lewat pembentukan karakter melalui program mentoring di Gereja Suara Kebenaran Injil Rehobot Mall Artha Gading sebesar 64,3 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Prihanto. “Peran Proses Mentoring Pemimpin Kaum Muda Bagi Perkembangan Pelayanan Pemuda Di Gereja.” Jurnal Jaffray 16, no. 2 (2018): 16.

Akhwani, and M Afwan Romdloni. “Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19.” © 2021-Indonesian Journal of Primary Education 5, no. 1 (2021): 1–12.

Diananda, Amita. “Psikologi Remaja Dan Permasalahannya.” Journal ISTIGHNA 1, no. 1 (2019): 116–133.

Josef M Monteiro. Pendidikan Pancasila Untuk Membentuk Karakter Bangsa. Deepublish Publishher, 2018.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Coaching , Mentoring , Dan Belajar Mandiri. Edited by KEMENDIKBUD. Indonesia, 2018.

Lickona, Thomas, and Juma Abdu Wamaungo. Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. Bumi Aksara, 2015.

Oktarosada, Dwi. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X:Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Rantung, Djoys Anneke. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh Keluarga Ishak Dalam Perjanjian Lama.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 63–76.

Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Pendidikan. Jakarta, 2020.

Roflin, Edi Adriyana, Andriyani Liberty Ichi, and Pariyana. Populasi,Sampel,Variable Dalam Penelitian Kedokteran. Penerbit Nem. 1st ed. Pekalongan, Jawa Tengah: PT.Nasya Expanding Management, 2021.

Sahertian, piet A. Dimensi Pendidikan Sekolah. Vol. 4, 2010.

Santoso, Magdalena Pranata. “Karakteristik Pendidikan Kristen.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 6, no. 2 (2005): 291–306.

Silahuddin. “Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry 3, no. 2 (2017): 18–41.

Situmorang, Syafrizal Helmi; Lutfi, Muslich. Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis. Edited by Art Desight. Edisi Ke 3. 3rd ed. Medan, Indonesia: Usu Press, 2014.

Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, and Riska Ahmad. “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2021): 165–173.

Sutianah, C. Pengembangan Karakter Kebangsaan Dan Karakter Wirausaha Melalui Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF-6M). Pasuruan, Jawa Timur, 2020.

Tafonao, Talizaro. “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2020): 127–146.

———. “Penerapan Strategi Pengajaran Tuhan Yesus Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Kristen” (2019).

Tim Penyusun KBBI edisi lima. “Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Yaumi, M. “Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi.” Pilar & Implementasi, Jakarta: Prenada Media Group (2016).

Yuliati, Linda. Pembentukan Karakter Siswa - Bafirman - Google Books. Tiara Aksara. Surabaya: PT Trubus Agrisarana, 2009.

Zamrodah, Yuhanin. “Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Untuk Membentuk Wirausahawan Tangguh Dan Berdaya Saing Tinggi.” In Seminar Nasional Dan Call For Papers, 1:1–412. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, 2016.

Zubaedi. “Desain Pendidikan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2011): 1689–1699.

———. Konsepsi Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana. Kencana, 2013.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Leny Simatupang, R. ., & Arifianto, Y. A. (2022). Pengaruh Program Mentoring terhadap Pembentukan Karakter Tunas Remaja. Jurnal Salvation, 3(1), 70–88. https://doi.org/10.56175/salvation.v3i1.52

Issue

Section

Articles