Membingkai Peran Ibu dalam Pola Asuh Anak Berkebutuhan Khusus di Keluarga Kristiani
DOI:
https://doi.org/10.56175/salvation.v4i2.105Keywords:
anak, anak berkebutuhan khusus, keluarga kristiani, peran ibu, pola asuhAbstract
Abstract: Parenting patterns for children with special needs is an important issue in contemporary society, while a mother in the family has a significant role in providing support and guidance to children with special needs. This research attempts to frame the role of mothers in parenting children with special needs in Christian families. The use of qualitative descriptive methods and literature studies is intended to be able to provide a strong picture of children with special needs and the various challenges they face in their daily lives, as well as what it is like for mothers to play a maximum role in the parenting of children with special needs in Christian families. It was concluded that a mother will play the maximum role for a child with special needs when she accepts and treats the child with love, is actively involved in the child's education, plays a role in the child's spiritual formation, and introduces the child to the church community.
Abstrak: Pola asuh anak berkebutuhan khusus adalah isu yang penting dalam masyarakat yang kontemporer, sedangkan seorang ibu dalam keluarga memiliki peran yang signifikan dalam memberikan dukungan maupun bimbingan kepada anak dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini berupaya membingkai peran Ibu dalam pola asuh anak berkebutuhan khusus di keluarga Kristiani. Penggunaan metode deskriptif kualitatif dan kajian literatur dimaksudkan mampu memberikan gambaran yang kuat mengenai anak berkebutuhan khusus dan berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam keseharian hidupnya, serta seperti apa sejatinya ibu bisa berperan maksimal dalam pola asuh anak berkebutuhan khusus tersebut di keluarga Kristiani. Disimpulkan bahwa seorang ibu akan berperan maksimal bagi anak berkebutuhan khusus ketika menerima dan memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang, terlibat aktif dalam pendidikan anak, berperan dalam pembentukan rohani anak, serta memperkenalkan anak pada komunitas gereja.
Downloads
References
Abdullah, Nandiyah. “Mengenal anak berkebutuhan khusus.” Magistra 25, no. 86 (2013): 1.
Al Faiq, Muhammad Fadhil, dan Suryaningsi Suryaningsi. “Hak Anak Penyandang Disabilitas untuk Sekolah.” Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum 1, no. 2 (28 Maret 2021): 44–50. https://doi.org/10.56393/nomos.v1i2.568.
Baumrind, Diana. “Child care practices anteceding three patterns of preschool behavior.” Genetic psychology monographs, 1967.
Buulolo, Suarni, dan Gusti Murni Harefa. “Dampak Pelaksanaan Ibadah Keluarga terhadap Kerohanian Anak.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 2 (2022): 25–36.
Chamidah, Atien Nur. “Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.” Jurnal pendidikan khusus 5, no. 2 (2009): 83–93.
Desiningrum, Dinie Ratri. “Psikologi anak berkebutuhan khusus,” 2017.
Elasta, Putri Siska, Bustaimin Bustaimin, dan Muhammad Hizbi Islami. “SOSIALISASI POLA ASUH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN RUMAH GADANG CEREBRAL PALSY SUMATERA BARAT.” Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 3, no. 2 (29 Desember 2020): 90–104. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1795.
Grand, Grand, dan Richardus Eko Indrajit. “Aplikasi deteksi dini untuk mengenali anak berkebutuhan khusus menggunakan metode business intelligence.” Prosiding Semnastek, 2017.
Gulo, Manase. “Studi Eksegetis Ungkapan ‘Tubumu Adalah Bait Roh Kudus’ Berdasarkan 1 Korintus 6: 19.” Manna Rafflesia 3, no. 1 (2016): 48–75.
Halawa, Junius. “Pastoral Konseling Psikologi Alkitabiah Bagi Perempuan Yang Telah Melakukan Hubungan Seks Sebelum Menikah.” Missio Ecclesiae 7, no. 2 (2018): 287–317.
Haryono, Haryono, Ahmad Syaifudin, dan Sri Widiastuti. “Evaluasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah.” Jurnal Penelitian Pendidikan 32, no. 2 (2015).
Hastuti, Retno Dwi. “Pelayanan Gereja: Kebutuhan Pendampingan Pastoral Pada Keluarga Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Tunadaksa).” SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2023): 9–18.
Illu, Wilianus, dan Olivia Masihoru. “Upaya Gereja Dalam Pembinaan Usia Remaja Yang Melakukan Hubungan ‘Free Seks.’” Missio Ecclesiae 9, no. 1 (2020): 1–19.
Larete, Indah J., Liesbeth F. J. Kandou, dan Herdy Munayang. “Pola asuh pada anak gangguan spektrum autisme di sekolah autis, sekolah luar biasa dan tempat terapi anak berkebutuhan khusus di Kota Manado dan Tomohon.” e-CliniC 4, no. 2 (12 Juli 2016). https://doi.org/10.35790/ecl.4.2.2016.12660.
Manurung, Kosma. “Memitigasi Peranan Ayah Dalam Menanamkan Ketekunan Pada Anak Usia Dini Di Keluarga Kristiani.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2022): 1–17.
———. “Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak Dalam Keluarga Kristen Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 53–70.
———. “Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi.” Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 285–300.
———. “Telaah Peran Orang Tua Dalam Membangun Ekosistem Sukacita Keluarga Pada Masa Kenormalan Baru Dari Sudut Pandang Teologi Pentakosta.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 64–75.
Munisa, Munisa, Sofni Indah Arifa Lubis, dan Rita Nofianti. “PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNADAKSA).” Warta Dharmawangsa 16, no. 3 (1 Agustus 2022): 358–64. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2230.
Nidin, Solihin, dan PAP Yonas. “PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK IMAN KRISTEN KEPADA ANAK.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 3 (2022): 230–38.
Paran, Fransiskus. “Penerapan Hak Asasi Manusia terhadap Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Umum,” 2022.
Pratiwi, Jamilah Candra. “Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya.” Prosiding Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2016).
Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, dan Asep Supena. “Peran Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) Sekolah Dasar Selama Masa Covid-19.” JS (Jurnal Sekolah) 5, no. 1 (2020): 133–42.
Rahayu, Witri Evilia, dan Rizki Dwi Ramadhanty. “PENERIMAAN IBU SEBAGAI KUNCI PENTING INTERAKSI IBU-ANAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.” JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) 9, no. 02 (2022): 164–76.
Randa, Federans. “Karya Keselamatan Allah Dalam Yesus Kristus Sebagai Jaminan Manusia Bebas Dari Hukuman Kekal Allah.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 3, no. 1 (2020): 35–62.
Ratu, Artika, Margreth Luciyanna Risakotta, Christiani Hutabarat, dan Ester Tandana. “Pengaruh Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen di Sekolah.” Indonesia Journal of Religious 4, no. 2 (2021): 45–59.
Sanjaya, Christina Galih, Djoko Sukono, dan Nixon Dixon Siathen. “The Pastor’s Understanding of the Baptist Church in Bandung Area Regarding the Spiritual Growth of Children with Special Needs Based on Matthew 19: 13-15: Pemahaman Gembala Sidang Gereja Baptis di Wilayah Bandung Mengenai Pertumbuhan Rohani Anak Berkebutuhan Khusus Berdasarkan Matius 19: 13-15.” GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies 2, no. 1 (2022): 26–36.
Setiawati, Feby Atika. “Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 6, no. 2 (2020): 193–208.
Siburian, Togardo. “Tinjauan Ulang Terhadap ‘Kesembuhan Ilahi’’.’.” STULOS: JURNAL TEOLOGI VOLUME 17• NOMOR, 2019, 28.
Surahman, Buyung. “Peran Ibu Terhadap Masa Depan Anak.” Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak 1, no. 2 (2019).
Suspimantari, Cahya, dan Besari Adi Pramono. “Faktor Risiko Prematuritas Yang Berpengaruh Terhadap Luaran Maternal Dan Perinatal Berdasarkan Usia Kehamilan Studi Kasus Di Rsup Dr. Kariadi Semarang Tahun 2013,” 2014.
Van Tiel, Julia Maria. Deteksi dan Penanganan Anak Cerdas Istimewa (Anak Gifted) Melalui Pola Alamiah Tumbuh Kembangnya. Prenada Media, 2015.
Wainarisi, Yane Octavia Rismawati, Wilson Wilson, Telhalia Telhalia, Aloysius Aloysius, dan Neti Neti. “MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF GEREJA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO TIMUR.” JPKM: Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat 4, no. 1 (2023): 42–64.
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. “Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 3, no. 2 (2020): 1–11.
Wilhemus, Ola Rongan. “Membangun Komunikasi Iman dan Pelayanan Karya Misioner Gereja di Tengah Keluarga.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 11, no. 6 (2014): 19–30.
Wirawan, Aprianto. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pendekatan Pembentukan Karakter Anak.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 18–33.
World Health Organization. “Global Report on Health Equity for Persons with Disabilities.” World Health organization, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fransiska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.