Literasi Agama Melalui Media Sosial dan Dampaknya Pada Anak Muda Kristen

Authors

  • Damacus Wisnu Kristanto Sekolah Tinggi Teologi Syalom Bandar Lampung
  • Andrias Pujiono STT Syalom Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56175/salvation.v4i1.103

Keywords:

social media, religious literacy, young Christians, knowledge of religion, Christian character

Abstract

Abstract: The influence of social media is enormous in the lives of modern humans, including young Christians. Social media can be both a medium and a source of learning, so it needs to be used optimally in the context of religious literacy. With content specifically designed to increase understanding and behavior that are in line with Christian faith, social media will be able to become a medium and learning resource that contributes to increasing Christian youth's religious literacy. The method in this scientific article is a quantitative method with literature studies. Here the author seeks, records, analyzes and concludes various relevant sources. Young Christians who have good vertical and horizontal relationships can increase understanding and encourage behavior through social media that features content related to religious literacy.

Abstrak: Pengaruh media sosial sangat bersar terhadap kehidupan manusia modern termasuk anak muda Kristen. Media sosial dapat menjadi media dan sekaligus sumber belajar, sehinga perlu dimanfaatkan secara optimal dalam konteks literasi agama. Dengan konten yang dirancang khusus dalam peningkatan pemahaman dan  perilaku yang sesuai iman Kristen, media sosial akan mampu menjadi media dan sumber belajar yang berkontribusi dalam peningkatan literasi agama anak muda Kristen. Metode dalam artikel ilmiah ini adalah metode kuantitatif dengan studi kepustakaan. Di sini penulis mencari, mencatat, menganalisis dan menyimpulkan berbagai sumber yang relevan.  Hasilnya, bahwa media sosial dengan konten yang terkait literasi agama dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong perilaku anak muda Kristen yang memiliki relasi vertikal dan horizontal yang  baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 2021): 45–59.

Arifianto, Yonatan Alex, Sari Saptorini, and Kalis Stevanus. “Pentingnya Peran Media Sosial Dalam Pelaksanaan Misi Di Masa Pandemi Covid-19.” HARVESTER: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 5, no. 2 (2020): 86–104.

Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 76–91.

Darsini, Fahrurrozi, and Eko Agus Cahyono. “Pengetahuan ; Artikel Review.” Jurnal Keperawatan 12, no. 1 (2019): 97.

Fitriani, Yani dan Azis, Ikhsan Abdul. “Literasi Era Revolusi Industi 4.0” (2019): 100.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan. Bat: Literasi Nusantara, 2020.

Heryanto, Sembiring J. “Analisis Pengaruh Leadership Danpreaching The Word Of God Terhadap Pertumbuhan Iman Jemaat Dengan Pembinaan Sebagai Variabel Intervening.” JURNAL PENDIDIKAN RELIGIOUS 2, no. 2 (2020): 106–115.

Indrian, Yesika. “Pertumbuhan Iman Jemaat Yang Nampak Dalam Persahabatan Umat Beragama Di Jemaat Uluway” (2020): 2–5.

Juwita, Elsa Puji, Dasim Budimansyah, and Siti Nurbayani. “Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa.” Sosietas 5, no. 1 (2015).

Kemdikbud. “Literasi.” Last modified 2023. Accessed August 21, 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi.

Mahendra, Ikhsan Tila. Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Usia 12-17 Tahun Di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. UIN Syarif Hidayatullah, 2017.

Maruti, Endang Sri, Muhammad Hanif, and Muhammad Rifai. “Implementasi Literasi Agama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 6, no. 1 (2023): 125–133.

Moore, Diane L. Overcoming Religious Illiteracy. New York: Palgrave Macmillan US, 2007.

Noorsena, Bambang. “Ejak Kapan Gereja Rasuli Yerusalem Tak Memakai Lagi Bahasa Ibrani?” Last modified 2023. Accessed August 21, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=V1Fk0SdZTlk&t=174s.

Nurpratiwi, Suci. “Urgensi Literasi Agama Dalam Era Media Sosial.” Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education (ACIED) (2019): 98.

Nurzakiyah, Cucu. “Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral.” Jurnal Penelitian Agama 19, no. 2 (2018): 20–29.

Nusuki, Nusuki, Muhammad Rifli, and Muhammad Ihsan. “Literasi Agama Dalam Membentuk Sikap Mental Pada Masa Pandemi Covid 19.” JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) 4, no. 2 (2020): 59–62.

Pujiono, Andrias. “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 1.

Pujiono, Andrias, Kanafi Kanafi, and Maraiati Farida. “Media Sosial Sebagai Sumber Belajar Bagi Generasi Z.” Regula Fidei 7, no. 2 (2022): 252–262.

Purba, Sudiarjo. “Literasi Digital: Sebuah Upaya Pelaku Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Integritas Remaja Gereja.” Jurnal Shanan 6, no. 2 (2022): 183–200.

Wibowo, Rachma Widiningtyas, and Anisa Siti Nurjanah. “Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 11, no. 2 (2021): 55–62.

Published

2023-08-21

How to Cite

Kristanto, D. W., & Pujiono, A. (2023). Literasi Agama Melalui Media Sosial dan Dampaknya Pada Anak Muda Kristen. Jurnal Salvation, 4(1), 72–82. https://doi.org/10.56175/salvation.v4i1.103

Issue

Section

Articles